• Senin, 3 Oktober 2022

Awal Sejarah Tahun Baru Islam Saat Dimulainya Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 13:03 WIB
Sejarah Tahun Baru Islam 1444 H. (freepik/Creative_hat)
Sejarah Tahun Baru Islam 1444 H. (freepik/Creative_hat)

KABARFAJAR – Tanggal 30 Juli 2022 bertepatan dengan 1 Muharram 1444 H, bulan pertama dalam kalender Islam 1 Muharram merupakan hari pertama ummat Islam memasuki Tahun Baru Islam.

Perhitungan Tahun Baru Islam atau tahun Hijriah dimulai sejak Nabi Muhammad SAW berhijrah dari Mekkah ke Yastrib yang selanjutnya menjadi Madinah.

Dimana hijrah Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya ini yang dibagi menjadi beberapa kelompok menjadi peristiwa bersejarah dalam tonggak peradaban Islam.

Baca Juga: Perayaan Menyambut Tahun Baru Islam di Jakarta Berlangsung Meriah, Anies Baswedan Bersyukur

Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Yatsrib (diperkirakan pada Juni 622 Masehi). Dalam hijrah itu, Nabi bersama Abu Bakar Ash Shiddiq sang sahabat terkasih menempuh perjalanan panjang ratusan kilometer, termasuk bertahan tiga hari di Gua Tsur.

Dalam sejarah perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW, Tahun-tahun menjelang hijrah itu, Nabi Muhammad SAW kehilangan istri tercinta, Khadijah.

Lalu disusul dengan meninggalnya sang paman sekaligus pelindungnya, Abu Thalib. Tahun-tahun itu dikenal dengan tahun kesedihan atau Amul Huzni.

Baca Juga: Habbits Produktif yang Bisa Langsung Dipraktikkan untuk Upgrade Hidup Kamu - Bagian 1

Dengan tidak adanya pelindung, orang-orang Makkah semakin terbuka dalam menyerang Nabi Muhammad SAW. Sementara itu, di Yatsrib, suku yang dahulu dominan, Bani Qaylah, terpecah menjadi dua faksi yang bermusuhan, Aus dan Khazraj.

Halaman:

Editor: Farid Wudjy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gus Baha: Allah yang Berkuasa Mengatur Rezeki, Bukan Kamu

Minggu, 25 September 2022 | 06:46 WIB

Gus Baha: Musuh yang Paling Dekat

Jumat, 23 September 2022 | 14:01 WIB
X