• Rabu, 17 Agustus 2022

Pandangan Pakar Hukum Tata Negara Tentang Penundaan Pemilu 2024, Yusril: Ada 3 Jalannya

- Jumat, 11 Maret 2022 | 09:44 WIB
Yusril Ihza Mahendra (Yusrilihsamhd/ig)
Yusril Ihza Mahendra (Yusrilihsamhd/ig)

KABARFAJAR-Ramai diperbincangkan publik perihal penundaan Pemilu 2024. Usulan ini disampaikan Bahlil Lahadalia, Muhaimin Iskandar, Zulkifli Hasan, dan Airlangga Hartarto

Empat tokoh politik dan pejabat pemerintah tersebut, mengemukakan pendapatnya mengenai pengusulan penundaan Pemilu 2024.

Usulan itupun mendapat berbagai macam komentar dan respon dari pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra.

Baca Juga: Ketua Umum PBNU Bertemu 2 Dubes yang Berperang, Yahya Cholil Staquf: NU Siap Bantu Perdamaian

Yusril Ihza Mahendra mengatakan hanya ada tiga jalan untuk penundaan pemilu, yaitu situasi perekonomian sulit, pandemi Covid-19 dan rakyat masih menginginkan Jokowi.

"Pertama situasi perekonomian negara sedang sulit, utang menggunung dan berapa biaya pemilu hingga kini belum dianggarkan, serta sumbernya juga belum jelas dari mana," kata Yusril Ihza Mahendra dalam Instagram yang diunggah 25 Februari 2022.

MenBaca Juga: Menag Akan Undang 2 Tokoh Besar Syekh Ahmed Al Tayeb dan Paus Fransiskus ke Indonesia

Yusril Ihza Mahendra menjelaskan alasan keduanya yaitu situasi pandemi yang semakin meningkat dan belum pasti kapan akan pulih.

"Kedua, pandemi Covid-19 sedang merebak dan belum dapat diprediksi kapan akan berakhir, ditambah akan banyak ramai kampanye dan pencoblosan bisa membuat makin banyak rakyat terpapar," jelasnya.

Halaman:

Editor: Farid Wudjy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X