• Sabtu, 29 Januari 2022

Layak Diketahui, Ini Sejarah Lengkap Hari Guru yang Diperingati setiap Tanggal 25 November

- Rabu, 17 November 2021 | 06:46 WIB
Sejarah Hari Guru diawali dari sejarah PGRI (pixabay.com/Edurs34)
Sejarah Hari Guru diawali dari sejarah PGRI (pixabay.com/Edurs34)

KABARFAJAR-Hari Guru Nasional akan diperingati pada 25 November 2021. Hari Guru diperingati untuk mengapresiasi jasa para guru dalam mencerdaskan generasi bangsa.

Para guru itu adalah pahlawan pendidikan di Indonesia. Jasanya tak terkira dalam mencerdaskan anak bangsa.

Lalu, bagaimana sih sejarah HAri Guru ini?

Dikutip Kabar Fajar dari berita KabarLumajang berjudul, 'Sejarah dan Tema Hari Guru Nasional Tanggal 25 November 2021,' Rabu 17 November 2021, berikut ini sejarah dan tema Hari Guru Nasional tanggal 25 November tahun 2021.

Baca Juga: Ketua MUI Cholil Nafis Benarkan Ada Anggota Komisi Fatwa Ditangkap Densus 88, Kasus Dugaan Terorisme

Hari Guru Nasional ditetapkan pada tanggal 25 November, karena berdasarkan sejarah pendirian organisasi persatuan Guru di Indonesia atau bisa disebut (PGRI) pada tanggal 25 November 1945.

Sejarah PGRI berawal dari organisasi perjuangan para guru pribumi berdiri pada tahun 1912 dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

PGHB beranggotakan Guru Bantu, Guru Desa, Kepala Sekolah, dan Pemilik Sekolah dengan latar pendidikan yang berbeda-beda. Mereka umumnya bertugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua dengan bahasa pengantar bahasa daerah ditambah bahasa Melayu.

Baca Juga: Baca Doa Pendek Ini di Waktu Khusus, Ustaz Adi Hidayat: Allah Ampuni Semua Dosa di Dunia

Di samping PGHB, berkembang pula organisasi guru baru, yaitu Persatuan Guru Bantu (PGB), Perserikatan Guru Desa (PGD), Persatuan Guru Ambachtsschool (PGAS), Perserikatan Normaalschool (PNS), Hogere Kweekschool Bond (HKSB).

Selain itu ada pula organisasi guru bercorak keagamaan, kebangsaan atau lainnya seperti Christelijke Onderwijs Vereneging (COV), Katolieke Onderwijsbond (KOB), Vereneging Van Muloleerkrachten (VVM), dan Nederlands Indische Onderwijs Genootschap (NIOG).

Halaman:

Editor: Tuti Ameliah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Membangun Peradaban Melalui Pondok Pesantren

Selasa, 25 Januari 2022 | 11:21 WIB
X