• Minggu, 5 Februari 2023

BMKG Prakirakan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Berpotensi Diguyur Hujan pada Kamis, 1 Desember 2022

- Kamis, 1 Desember 2022 | 08:10 WIB
Ilustrasi BMKG memprakirakan sebagian besar wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat pada Kamis, 1 Desember 2022. (Unsplash.com/@Valentin Muller)
Ilustrasi BMKG memprakirakan sebagian besar wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat pada Kamis, 1 Desember 2022. (Unsplash.com/@Valentin Muller)

KABARFAJAR.COM-BMKG meminta masyarakat mewaspadai peringatan dini terkait adanya potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Indonesia pada Kamis, 1 Desember 2022.

Wilayah yang berpotensi diguyur hujan disertai petir dan angin kencang menurut prakiraan BMKG yakni Provinsi Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

BMKG lalu menyebut wilayah berikut berpotensi mengalami hal sama yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat.

Baca Juga: 15 Pemain Bertengger Top Skor Sementara Piala Dunia 2022 Qatar, Cody Gakpo dan Kylian Mbappe Bersaing Ketat

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di bagian wilayah Provinsi Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan Sumatra Selatan.

Selain itu, BMKG diketahui memantau kehadiran dua bibit siklon tropis di wilayah timur Indonesia, yang dapat berdampak pada kondisi cuaca di sejumlah wilayah.

Menurut Prakirawan BMKG Rifat Darajat, bibit siklon tropis 90W terpantau di sekitar wilayah Maluku Utara, yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang di laut Sulawesi.

Baca Juga: Rekrutmen Bersama BUMN Akan Segera Dibuka, Bersiaplah Mendaftar!

Bibit siklon yang terpantau tersebut punya kecepatan angin maksimal 15 knot dan tekanan udara minimum 1007.0 mb.

Halaman:

Editor: Hasbullah

Sumber: BMKG

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peringatan Dini BMKG, Waspada untuk Daerah Ini

Sabtu, 4 Februari 2023 | 08:24 WIB

Harlah Satu Abad NU, Begini Tanggapan Ketua Umum PBNU

Kamis, 2 Februari 2023 | 17:15 WIB

Kapan Peringatan Harlah Satu Abad NU?

Kamis, 2 Februari 2023 | 13:19 WIB
X