• Selasa, 4 Oktober 2022

PLN sedang Alami Over Supply, Pemerintah Genjot Konversi Kompor Gas ke Kompor Listrik

- Jumat, 23 September 2022 | 16:53 WIB
Ilustrasi konversi kompor listrik yang gencar dilakukan pemerintah untuk mengatasi over supply di PLN. (Sumber: Freepik.com)
Ilustrasi konversi kompor listrik yang gencar dilakukan pemerintah untuk mengatasi over supply di PLN. (Sumber: Freepik.com)

KABARFAJAR-Pemerintah saat ini sedang menggenjot program konversi kompor gas ke kompor litrik.

Adapun program konversi kompor gas ke kompor listrik ini sebagai strategi pemerintah untuk mengatasi kelebihan pasokan listrik yang saat ini dialami PLN.

Hal itu sebagaimana dikatakan oleh Menterian ESDM Arifin Tasrif saat ditemui wartawan di Gedung Kementerian ESDM, Jumat, 23 September 2022.

Menurut Arifin, pemerintah berupaya untuk terus menggenjot program konversi kompor LPG 3 Kg ke kompor induksi atau listrik.

Baca Juga: Sudah Tahu Belum Cara Kerja Kompor Listrik? Simak Yuk

Dengan program 10 juta kompor listrik, lanjut Arifin, konsumsi listrik yang terserap bisa mencapai 5 Giga Watt (GW).

Selain itu, jika dilihat dari sisi keekonomiannya, kompor listrik dinilai lebih murah jika dibandingkan dengan kompor LPG 3 Kg.

Karena itulah, kata Arifin, pemerintah masih terus menghitung berapa besar penghematan yang didapat terkait program konversi tersebut.

Untuk diketahui, Sekjen Kementerian ESDM Rida Mulyana menyebut bahwa kondisi over supply listrik saat ini masih dialami oleh PLN.

Halaman:

Editor: Hasbullah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Perintahkan Liga 1 Dihentikan Sementara

Minggu, 2 Oktober 2022 | 12:30 WIB
X