• Selasa, 4 Oktober 2022

Ada Sirkulasi Siklonik, BMKG: Waspada Peningkatan Intensitas Hujan Hari Ini

- Rabu, 21 September 2022 | 19:41 WIB
Penjelasan BMKG soalya cuaca.  (BMKG)
Penjelasan BMKG soalya cuaca. (BMKG)

KABARFAJAR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya sirkulasi siklonik yang terbentuk di daerah konvergensi yang terpantau di sejumlah wilayah Indonesia.

Alhasil dampak dari sirkulasi siklonik itu berpotensi akan mengalami peningkatan intensitas hujan pada hari ini, Rabu 21September 2022.

“Kami memantau beberapa wilayah yang mengalami peningkatan intensitas hujan seperti di wilayah Indonesia timur kemudian wilayah Kalimantan serta wilayah Sumatera. Hal ini disebabkan oleh adanya sirkulasi siklonik yang terbentuk di wilayah Maluku yang kemudian menyebabkan adanya daerah konvergensi di sekitar wilayah Papua Barat dan Papua kemudian juga untuk wilayah Sumatera juga sekitaran wilayah Kalimantan terdapat daerah konvergensi yang mana daerah-daerah ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan,” kata Prakirawan BMKG, Ahmad Rifani.

Baca Juga: Profil Dedi Mulyadi, Eks Bupati Purwakarta yang Digugat Cerai Anne Ratna Mustika

Rifani mengungkapkan di wilayah Sumatera yakni di Bandar Lampung, Pangkal Pinang, Bengkulu, Jambi, Pekanbaru kondisi cuaca akan dominan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

“Namun perlu diwaspadai untuk wilayah Bandar Lampung dan Jambi kondisi hujan dapat disertai dengan petir. Sementara untuk wilayah Palembang kondisi cuaca diperkirakan akan cerah Berawan hingga Berawan,” katanya.

Kemudian di wilayah Tanjungpinang kemudian Medan, hingga Padang diperkirakan akan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Sementara untuk wilayah Banda Aceh diperkirakan akan dominan cerah Berawan.

Baca Juga: Remaja SLB di Cirebon Diinjak-injak Pelajar SMA Hingga Viral di Media Sosial, Buat Netizen Murka

Selanjutnya di wilayah pulau Jawa di mana diperkirakan kondisi cuaca di wilayah Serang kemudian Bandung dan Semarang akan cenderung hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Halaman:

Editor: Farid Wudjy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Perintahkan Liga 1 Dihentikan Sementara

Minggu, 2 Oktober 2022 | 12:30 WIB
X