• Selasa, 4 Oktober 2022

Gelombang Tinggi Capai 4 Meter di Perairan Indonesia, BMKG Ingatkan Masyarakat Pesisir Waspada

- Selasa, 20 September 2022 | 09:00 WIB
Melihat cuaca di kantor BMKG. (Foto: Alinea.id)
Melihat cuaca di kantor BMKG. (Foto: Alinea.id)

KABARFAJAR - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 20 - 21 September 2022.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot.

Baca Juga: Hati-hati Ada Pemeliharaan di Ruas Tol Dalam Kota Sepekan ke Depan, Ini Titik Lokasinya

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, perairan selatan Banten - Jawa Barat, Samudra Hindia Selatan Banten dan Laut Arafuru bagian timur," demikian keterangan dini BMKG, Selasa 20 September 2022.

Kondisi ini menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1.25 - 2.5 meter di Laut Natuna Utara, perairan utara Sabang, perairan barat Aceh - Kep. Nias, perairan selatan P. Sumba, Selat Sumba bagian barat, perairan selatan Flores, perairan P. Sawu - Rote, Laut Sawu, Samudra Hindia Selatan NTT, Laut Jawa bagian timur, Selat Makasar bagian selatan, Laut Arafuru bagian tengah dan timur.

Baca Juga: JANGAN DISEPELEKAN HP Terbaru Oppo A57 September 2022, Cek Dulu Harga dan Kriteria Spesifikasinya di Sini

Untuk gelombang di kisaran lebih tinggi 2.50 - 4.0 meter berpeluang terjadi di perairan barat Kep. Mentawai, perairan Bengkulu, perairan Enggano - barat Lampung, Samudra Hindia Barat Simeulue - Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten - Sumbawa, Selat Bali - Lombok - Alas bagian selatan, Samudra Hindia Selatan Jawa - NTB.

Untuk itu, perlu diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran seperti Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

Baca Juga: Disinggung Campuri Kasus Lukas Enembe, Begini Reaksi Mahfud MD

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," imbau BMKG.***

Editor: Farid Wudjy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Perintahkan Liga 1 Dihentikan Sementara

Minggu, 2 Oktober 2022 | 12:30 WIB
X