Bencana Longsor di Ciamis, 2 Orang Tewas Tertimbun

- Senin, 12 September 2022 | 12:04 WIB
Lokasi longsor di Ciamis Jawa Barat (Dokumentasi BNPB)
Lokasi longsor di Ciamis Jawa Barat (Dokumentasi BNPB)

KABARFAJAR - Bencana longsor yang terjadi di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Minggu 11 September 2022, mengakibatkan dua warga tewas tertimbun.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari mengatakan, berdasarkan laporan dari BPBD Kabupaten Ciamis peristiwa naas itu terjadi saat hujan deras pada pukul 20.00 WIB, ditambah kondisi tanah yang labil di lokasi kejadian.

"Sebanyak 28 KK/88 jiwa di Desa Sukahurip dan Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti terdampak bencana itu. Beberapa warga Desa Sukamaju terpaksa mengungsi di masjid tak jauh dari permukiman dan dua korban meninggal dunia dimakamkan hari ini," kata Abdul dalam keterangannya, Senin 12 September 2022.

Baca Juga: Kisah Nyata, Hilangnya Desa Legetang di Kabupaten Banjarnegara yang Tertimbun Longsor

Saat ini, kata Abdul, BPBD Kabupaten Ciamis saat ini berfokus pada penanganan longsor di Desa Sukamaju untuk evakuasi dan penyelamatan warga serta pembukaan akses jalan yang tertimbun material longsor.

Kejadian tanah longsor juga terjadi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, pada Minggu 11 September 2022 pukul 15.30 WIB. BPBD Kabupaten Cilacap mencatat wilayah yang terdampak adalah Desa Tambaksari yang berbatasan dengan Desa Palugon, Kecamatan Wanareja.

"Hasil asesmen di lapangan, turap dengan tinggi 3,5 meter panjang 8 meter longsor dan menimpa rumah non permanen milik seorang warga Desa Tambaksari," sambungnya.

Baca Juga: Hujan Deras Guyur Pamulang Tangsel sebabkan Tebing 8 Meter Longsor

Selain itu, tebing dengan tinggi 6 meter, panjang 5 meter dan lebar 2 meter mengalami longsor dan menimpa rumah seorang warga. Satu rumah milik warga yang lain juga terancam terbawa longsor dikarenakan jarak rumah dengan patahan longsor hanya berjarak 1 meter.

Halaman:

Editor: Farid Wudjy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mahasiswa UI yang Tewas Kecelakaan Jadi Tersangka

Sabtu, 28 Januari 2023 | 06:22 WIB

Korlantas Polri: Cek Persyaratan Pembuatan SIM C1

Jumat, 27 Januari 2023 | 11:25 WIB
X