Beredar Video Luhut Minta Kabareskrim Usut Tuntas Kasus Brigadir J, Simak Faktanya

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:35 WIB
Ilustrasi simak fakta dibalik beredarnya video Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhur Binsar Pandjaitan tentang kasus pembunuhan Brigadir J. (Pixel_Perfect)
Ilustrasi simak fakta dibalik beredarnya video Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhur Binsar Pandjaitan tentang kasus pembunuhan Brigadir J. (Pixel_Perfect)

KABARFAJAR-Beredar di media sosial video dengan narasi seakan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan memberikan perintah langsung kepada Kabareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto terkait kasus pembunuhan anggota Polri.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yakni Jodi Mahardi memberikan klarifikasi atas beredarnya video tersebut.

Dalam pernyataannya, Jodi menyebut jika Luhut Binsar Panjaitan tidak ingin mengomentari hal-hal yang di luar kapasitasnya sebagai Menko Marves.

Baca Juga: Rekomendasi Lomba Agustusan, Jangan Makan Kerupuk Terus

"Pak Menko tidak pernah mencampuri urusan yang bukan menjadi tanggung jawabnya sebagai Menko Marves dan juga pembantu Presiden Joko Widodo. Semoga semua pihak bisa berpikir jernih lebih dahulu sebelum membuat dan mempercayai video-video potongan yang tidak sesuai konteks seperti itu," jelas Jodi melalui keterangan resmi pada Jumat, 12 Agustus 2022.

Jodi kemudian menjelaskan jika pernyataan Luhut dalam video yang beredar sebenarnya ditujukan untuk penanganan kasus Covid-19.

Hal itu sesuai dengan kapasitasnya sebagai Koordinator PPKM Darurat, dan bukan ditujukan terkait dengan proses penyidikan kasus pembunuhan anggota Polri yang sekarang sedang diselidiki.

Baca Juga: Mirip Vespa dan Honda Scoopy, Motor Matic Baru Ini Lempar Yamaha Fazzio

Masih menurut Jodi, kutipan pernyataan Luhut dalam video yang beredar merupakan potongan dari konferensi pers yang pernah ditayangkan di sejumlah stasiun televisi pada 3 Juli 2021.

"Dalam konteks saat itu, Pak Menko yang sedang menangani PPKM Darurat meminta Komjen Agus untuk menindak tegas pihak-pihak yang menaikkan harga obat-obatan yang dibutuhkan untuk penanganan pasien covid. Sehingga tidak benar framing video yang sekarang beredar itu," terang Jodi.

Seperti diketahui, di media sosial beredar video yang menampilkan Luhut yang meminta Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto untuk mengusut kasus keterlibatan petinggi Polri dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

Baca Juga: Mau Keluar Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan? Simak Caranya di Sini

Video tersebut dibagikan oleh akun Twitter @UmarHasibuan77.

"Saya minta daripada Kabareskrim Pak Jenderal Agus, Komjen Agus jangan ragu-ragu. Saya enggak ada urusan siapa dia. Enggak ada urusan beking-beking. Pokoknya sampai ke akar-akarnya kita cabut saja Mas Agus," kata Luhut dalam video tersebut.***

Halaman:

Editor: Hasbullah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Minta OJK Beri Dukungan Terhadap UMKM

Senin, 6 Februari 2023 | 19:18 WIB

Peringatan Dini BMKG, Waspada untuk Daerah Ini

Sabtu, 4 Februari 2023 | 08:24 WIB

Harlah Satu Abad NU, Begini Tanggapan Ketua Umum PBNU

Kamis, 2 Februari 2023 | 17:15 WIB
X