• Selasa, 6 Desember 2022

Punya Utang Rp7.000 Triliun, Kata Luhut Pandjaitan Mah Utang Indonesia Terkecil di Dunia Loh

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 05:50 WIB
Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan bilang utang Indonesia buat pembangunan, Tol Panimbang Pandeglang salah satunya (Ist)
Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan bilang utang Indonesia buat pembangunan, Tol Panimbang Pandeglang salah satunya (Ist)

KABARFAJAR-Saat ini Indonesia punya utang sekitar Rp7.000 triliun. Namun jumlah itu disebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sebagai utang terkecil di dunia.

Kata Luhut, bila dibandingkan negara lain utang Indonesia masih terkecil di antara negara lain.

Kata Luhut, utang Rp7.000 triliun hanya 40 persen dari PDB atau Produk Domestik Bruto.

Baca Juga: Kunci Jawaban Terbaru Tema 2 Kelas 2 SD MI Halaman 32 dan 33 Semester 1 2022, Bentuk Air dalam Gelas dan Botol

Utang Indonesia, sebut Luhut lagi, yang hanya 40 persen dari PDB Indonesia masih lebih kecil ketimbang negara lain. Malahan kata Luhut, negara-negara maju lainnya ada yang sampai 100 persen dari PDB.

Luhut meminta masyarakat untuk tidak mengemukakan hal-hal yang tidak relevan terkait utang pemerintah Indonesia. Menurut Luhut, pemerintah tahu apa yang harus dilakukan.

"Kami minta bapak-bapak dan teman di daerah jangan dengar bicara aneh-aneh dan tidak jelas, karena pemerintah tahu benar yang dilakukan," ujarnya Luhut saat Ground Breaking pembangunan jalan tol sesi 3 Cileles - Panimbang di Pandeglang Banten, dikutip berita Pikiran Rakyat.com, Senin 8 Agustus 2022.

Baca Juga: Refly Harun: Misteri Kematian Brigadir J Mulai Terungkap Mulai Penangkapan Ikan Kecil dan Nantinya Ikan Besar

Kata dia, utang pemerintah Indonesia senilai Rp7.000 triliun itu digunakan untuk hal produktif. Ia mencontohkan misalnya untuk pembangunan jalan tol yang mana pembangunan tersebut akan dirasakan manfaatnya buat masyarakat.

Halaman:

Editor: Tuti Ameliah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dampak APG Gunung Semeru, BNPB: 1.979 Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 20:18 WIB
X