• Minggu, 5 Februari 2023

Gunung Semeru Muntahkan APG Sejauh 7 KM, Masyarakat Dilarang Beraktivitas Radius 5 KM dari Kawah

- Minggu, 4 Desember 2022 | 12:00 WIB
Gunung Semeru luncurkan APG sejauh 7 kilometer. (dok:  Instagram @infosemeru_)
Gunung Semeru luncurkan APG sejauh 7 kilometer. (dok: Instagram @infosemeru_)

KABARFAJAR.COM-Gunung Semeru muntahkan awan panas guguran (APG) hingga sehauh 5-7 kilometer.

Gunung Semeru yang masuk wilayah Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur, diketahui muntahkan APG pada Minggu sejak pukul 02.46 WIB.

Kabar Gunung Semeru luncurkan APG sejauh 7 kilometer itu sebagaimana disampaikan oleh Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Lumajang Joko Sambang.

Baca Juga: Lowongan Kerja Terbaru Desember 2022 di Barista Taman Hore Lulusan SMK dan SMA

Dalam pernyataan tertulisnya, Joko mengatakan bahwa berdasarkan pengamatan dari pos pantau, APG dari Gunung Semeru masih berlangsung dengan jarak antara 5-7 kilometer.

"Kami sudah berada di pos pantau. awan panas guguran saat ini masih berlangsung dengan jarak antara 5-7 kilometer. Pos pantau kita jaraknya kurang lebih 12 kilometer dari puncak," kata Joko Sambang seperti dikutip dari Antara pada Minggu, 4 Desember 2022.

Joko juga menambahkan, hasil pantauan di lapangan bersama tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), abu vulkanik Gunung Semeru terlihat membumbung tinggi ke atas dan cenderung mengarah ke selatan.

Untuk mengantisipasi adanya dampak risiko abu vulkanik, tim BPBD Kabupaten Lumajang juga membagikan masker gratis kepada masyarakat.

"Abu vulkanik mengarah ke selatan, ke Rowo Baung. Di sana sudah ada teman-teman membagikan masker dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat," jelasnya.

Halaman:

Editor: Hasbullah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aksi Bela Al Quran di Garut Akan Digelar Hari Ini

Rabu, 1 Februari 2023 | 07:27 WIB
X