• Jumat, 9 Desember 2022

Antisipasi Banjir di Musim Penghujan, Lumpur di Kali Sekretaris Dikeruk Petugas

- Rabu, 28 September 2022 | 14:52 WIB
Ilustrasi banjir DKI Jakarta. (pixabay)
Ilustrasi banjir DKI Jakarta. (pixabay)

KABARFAJAR - Wilayah DKI Jakarta saat sudah mulai memasuki musim penghujan Pemkot Jakarta Barat membuat program gerebek lumpur.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi banjir, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat menggelar program gerebek lumpur di sepanjang aliran Kali Sekretaris, Jalan Gili Sempeng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

"Kita menggelar gerebek lumpur di sepanjang aliran Kali Sekretaris, intinya antisipasi banjir ya, karena memasuki musim penghujan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Camat Kebon Jeruk, Joko Suparno, Rabu 28 September 2022.

Baca Juga: Jelang Lengser, Anies Bakal Beberkan Kinerjanya Selama Menjabat Gubernur DKI Jakarta

Dalam program gerebek lumpur, kata Joko, pihaknya menerjunkan ratusan petugas yang terdiri dari Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH), Petugas Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU), hingga Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA).

"Pengerukan yang dilakukan mencakup pengangkatan sedimen-sedimen lumpur, Sudin SDA menargetkan 4.000 kubik sedimen lumpur terkeruk di sepanjang aliran kali sekretaris Gili hingga ke Jalan Arjuna," tuturnya.

Baca Juga: BEDAH Spesifikasi dan Harga Kamera DSLR Canon EOS 90D Terbaik 2022 yang Didukung dengan Layar LCD Articulated

Joko pun memastikan, penggerebekan lumpur tersebut dapat memperlancar aliran air. Sehingga apabila terjadi musim penghujan terlebih saat intensitas deras, dapat mencegah adanya banjir.

"Kalau dikeruk akan mengurangi sedimen itu untuk memperlancar aliran air. Nah itu (kegiatan pengerukan) mencakup beberapa kelurahan di Kebon Jeruk ada yang Grogol Tanjung Duren, Sukabumi Selatan, Sukabumi Utara, Kebon jeruk, Kedoya Utara, gitu," pungkasnya.***

Halaman:

Editor: Farid Wudjy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BREAKING NEWS: Gempa Magnitude 6,2 Guncang Jember

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:45 WIB
X